Wajib Coba Minuman Refresh Jabar : Nekopoi

Resep Makanan dan Minuman Jawa Barat

 

Resep makanan dan minuman Jawa Barat bisa menjadi alternatif ambisius karena pandemi memaksa semua orang untuk tidak meninggalkan rumah. Jangankan liburan, di saat-saat seperti ini pemerintah mendorong semua orang untuk tinggal di rumah demi kesehatan arus utama.

 

Jika kita ingat, pada awal Maret 2019, dua orang Indonesia pertama kali didiagnosis terinfeksi virus corona. Virus ini menyebar dengan cepat, bahkan hingga saat ini ketika vaksin sudah mulai menyebar, masih ada pembatasan di berbagai daerah.

 

Khusus untuk industri pariwisata, beberapa tempat wisata bahkan mengharuskan pengunjung untuk membawa bukti langsung dengan konsekuensi negatif jika ingin berkunjung. Misalnya, tempat wisata Kebun Raya Bogor, salah satu objek wisata alam di Jawa Barat.

 

Membahas pariwisata tentu tidak terlepas dari katering khas daerah tersebut, misalnya Bogor terkenal dengan spons talas, mie kuning, dan lumpia hujan. Katering bisa menjadi alternatif yang ambisius.  tidak perlu pergi Anda bisa langsung memasak resep makanan dan minuman Jawa Barat Anda di rumah bersama dengan resepnya.

 

Tahu Gejrot to Seblak, jajanan khas Jawa Barat yang sudah menyebar ke seluruh Indonesia

Camilan, atau juga dikenal sebagai camilan, adalah jenis makanan yang biasanya dimakan di antara waktu makan. Makanan ini mirip dengan bagian-bagian kecil dengan berbagai rasa. Namun, bagi sebagian orang, jajanan juga bisa mengenyangkan, misalnya seblak, jajanan yang umum di Bandung, Jawa Barat.

 

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan jajanan dengan rasa bahan-bahan yang gurih ini. Seblak, salah satu resep makanan dan minuman khas Jawa  Barat yang banyak digandrungi banyak orang. Seblak sendiri sudah ada di wilayah Cianjur sejak zaman kolonial. Bahan utama utama seblak adalah kerupuk. Bukan sembarang retakan, retakan yang merupakan ciri khas seblak oranye yang berasal dari seutas tali.

 

Sosis, daging, kaki, kwetiau, mie, dan jamur tiram sering digunakan sebagai bahan pelengkap makanan yang satu ini. Cara mengolahnya sangat sederhana terlebih dahulu Anda perlu menyiapkan musim hujan, yaitu bawang putih, bawang putih, kecap manis, mencicipi cabai, merica, daun jeruk, saus pedas, penyedap rasa, gula dan garam.

 

Bilas semua bahan menjadi satu, lalu tumis bahan sampai baunya harum. Tambahkan 250 mililiter air, bertelur lalu orak-arik.  Simpan juga sawi hijau, sosis, daging, kaki, pasta, dan bahan-bahan lainnya berdasarkan selera. Terakhir, termasuk retakan oranye sebagai ciri utama Seblak Bandung.

 

Resep di atas adalah resep seblak sederhana, Anda bisa menemukan variasi seblak lainnya dalam resep makanan dan minuman khas Jawa Barat di internet.

 

Tidak hanyalah seblak, jajanan umum jawa barat lainnya yang mudah dan sangat mudah dibuat, yaitu Tahu Gejrot. Seperti namanya, jajanan asli Desa Jatiseeng, Ciledug, Kabupaten Cirebon ini terbuat dari tahu gembo. Selain mengetahui latihannya, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan di bawah ini.

 

Bahan untuk Flush Chocolate Soup:

  1. 1/4 gula merah
  2. – 2 sdm kecap manis
  3. Asam jawa kuonja
  4. Garam

 

Musim Uleg:

  1. Bawang putih
  2. Bawang merah
  3. Mencicipi cabai rawit

 

Pertama-tama goreng kunci tahu sampai berwarna keemasan, lalu tiriskan. Buat sup siram dengan merebus gula merah, kecap manis, dan garam dalam 500ml air sampai semuanya tercampur. Uleg adalah bawang putih kecil, bawang putih, rasa pepper hoho.

 

Tambahkan irisan tahu gembos ke atas, akhirnya siram dengan gravitasi coklat. Aduk sampai seluruh tahu tertutup bahan, tahu gejrot siap dinikmati. Tahu gejrot harus dinikmati kapan saja dan di mana saja.

 

Resep Makanan Jawa Barat yang sederhana dan cepat

Setelah membahas resep makanan ringan, kini kita beralih ke resep makanan dan minuman khas Jawa Barat lainnya . Makanan orang Jawa Barat bisa dibilang beragam, mulai dari olahan sayuran hingga daging.

 

Makanan pertama yang akan kita bahas adalah Karedok. Karedok sendiri merupakan salad ala Sunda. Berbeda dengan salad ala barat yang menggunakan minyak sayur atau minyak zaitun sebagai campuran, karedok menggunakan saus kacang sebagai tambahan musim.

 

Hampir identik dengan pecel khas Jawa Tengah, bedanya karedok menggunakan sayuran mentah sebagai bahan utamanya. Karedok sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu Terong Karedok, Leunca, dan Kacang Panjang.

 

Sayuran yang digunakan untuk varietas leunca karedok tidak diragukan lagi adalah buah leunca. Biasanya dipilih buah leunca yang masih berwarna hijau atau tidak musim dingin. Sementara dalam berbagai karedok telur, irisan telur segar menjadi bahan utama bersama dengan mata air kacang dan mentimun kubis.

 

Akhirnya karedok kacang panjang, varietas karedok ini didominasi oleh isian kacang panjang bersama dengan mentimun. Dalam perkembangan zaman, isian karedok karedok juga memfiksasi cita rasa masyarakat sekitar.  Oleh karena itu tidak mengherankan jika di beberapa daerah di Indonesia, karedok juga dilengkapi dengan sayuran dan retakan lainnya.

 

Makanan yang resepnya pasti akan muncul ketika mencari resep makanan dan minuman klasik Jawa Barat di internet adalah Sate Maranggi. Sepintas, sate sapi ini  tidak berbeda dengan  sate lainnya, bedanya sate ini melalui proses panjang marinasi untuk menghasilkan sate yang jus, empuk, dan kaya rasa.

 

Bahan utama dalam membuat sate ini tidak diragukan lagi adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Anda juga bisa menambahkan minyak sapi untuk menambah aroma duduk saat dipanggang. Kemudian siapkan rendaman di bawah ini.

 

  1. 1/4 gram gula merah atau gula jawa.
  2. 5 siung bawang putih
  3. – 5 Bawang merah Kuimba
  4. – 3 Bagian jari jahe
  5. – 3 Bagian sidik jari lengkuas
  6. Mencicipi air asam jawa
  7. Garam
  8. Kuning telur

 

Bersihkan semua bahan di atas lalu oleskan ke daging sapi. Tutup dengan daun pepaya, berhenti berdiri selama 3-4 jam sampai persendian menyerap sepenuhnya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan sambal untuk pengolesan sate, yaitu cabai berbahan dasar rasa, tomat, dan garam.

 

Panggang daging sapi di atas arang yang menyala, bolak-balik jangan dibakar. Digunakan untuk sambal, nasi atau nasi suhu tinggi. Anda siap menikmati sate ala Sunda, hidangan ini layak disantap saat hangat.

 

Wajib Coba Minuman Refresh Jabar

Makan untuk bermalam harus dibarengi dengan minuman rempah khas Jawa Barat, yaitu Bandrek. Bandrek sendiri selalu masuk dalam rangkaian resep makanan dan minuman khas Jawa Barat.   Konon minuman ini lahir dari penduduk dataran tinggi, Jawa Barat.

 

Dataran tinggi mirip dengan suhu dingin, dan minuman berbasis jahe ini digunakan oleh orang-orang di sekitar untuk menghangatkan tubuh mereka. Mereka yang ingin mencoba bandrek tidak perlu pergi jauh ke dataran tinggi Jawa Barat untuk menikmatinya.

 

Buat saja bandrek sendiri di rumah dengan menyiapkan jahe panggang, gula merah, dan kayu manis. Rebus ketiga bahan tersebut bersama-sama, minumlah selagi hangat. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti telur ayam kampung, serai, kapulaga, dan lainnya untuk meningkatkan rasa.

 

Beranjak dari minuman hangat, Jawa Barat juga memiliki minuman yang menyegarkan secara alami ketika terik matahari menerpa, Es Cendol adalah namanya. Berbeda dengan es Dawet kembarnya yang terbuat dari tepung beras, Es Cendol, yang resepnya dapat Anda temukan di buku masak makanan dan minuman Jawa Barat, terbuat dari tepung hunkwe atau tepung kacang hijau.

 

Tepung Hunkwe dimasak untuk mengental dengan menambahkan air daun pandan, daun suji menyediakan air untuk warna, lebih sedikit pati, air putih, dan garam secukupnya. Saat sedang menggemukkan, Anda bisa mencetak cendol menggunakan filter dengan air es.

 

Rebus juga santan, daun pandan, sedikit garam untuk cendol. Sebagai pelengkap rasa manis, Anda bisa menggunakan campuran gula merah dan air yang dimasak hingga sedikit lebih kental. Jangan lupa tambahkan bibit es yang indah dan cendol yang siap dinikmati.

 

Resep Makanan dan Minuman Jabar Lainnya yang Simpel dan Cepat

Selain makanan dan minuman di atas, Jawa Barat memiliki beberapa menu yang tentunya bisa Anda buat sendiri di rumah dengan mudah. Salah satunya adalah combro atau oncom dijero (oncom in).

 

Seperti namanya, makanan ini terbuat dari oncom untuk filling sedangkan kulit luarnya terbuat dari singkong yang sudah dipasteurisasi. Cara memasaknya sangat sederhana, siapkan beberapa bahan untuk tepung luar ruangan di bawah ini.

 

  1. 1 kg singkong segar
  2. Kelapa setengah matang
  3. Garam
  4. Bawang putih 3 siung
  5. Bawang merah karafuu 3
  6. Kencing 1 bagian jari

 

Mengenai pengisian kombro, mereka menggunakan tautan berikut.

  1. Oncom
  2. Bawang putih dan 5 bawang merah masing-masing.
  3. Mencicipi cabai rawit
  4. Merica, garam, mencicipi gula
  5. Daun bawang na kemangi

 

Pertama, Anda perlu membuat pengisi oncom dengan memotong semua bahan untuk mengisi sampai baunya harum. Sambil menunggu isiannya sedikit dingin, buat kulit luarnya dengan menggiling bawang putih dan bawang merah. Campur dengan singkong dan kelapa panggang.

 

Ambil 1-2 sendok makan bubuk pipih luar ruangan, lalu isi dengan oncom, buat dalam satu putaran. Lakukan ini secara teratur sampai adonan hilang. Panaskan minyak goreng dan goreng sampai kombro berwarna kuning keemasan.

 

Selain combro, makanan khas Jawa Barat lainnya adalah lotek, tahu pepes, pesmol nila, nasi tutug oncom dan masih banyak lagi. Untuk minuman ada es Oyen, es cinchau, bir pedas dan lain-lain. Anda dapat dengan mudah menemukan semua resep makanan dan minuman Jawa Barat di internet dan buku masak.

Read More :